Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membagikan Rapor Online dengan Whatsauto

    Pandemi Covid-19 memaksa kita banyak melakukan aktivitas secara daring. Begitu juga dengan guru. Guru harus mencari cara terbaik, guna ikut berpartisipasi dalam memutus penyebaran Covid-19. Selain mengumumkan kelulusan secara daring (baca caranya disini), guru juga dapat membagikan Rapor secara daring. Caranya hampir sama dengan cara mengumumkan kelulusan.

    Sebenarnya, cara membagikan rapot dapat dilakukan secara sederhanya, misalnya rapotnya difoto/ discan, kemudian dikirim ke siswa. Namun cara iuni tentu kurang menarik. Untuk itu, saya mencoba menawarkan cara yang menarik yang dapat menggali rasa ingin tahu siswa. Siswapun nanti dapat membuat secara sederhana. Misalnya membuat kuis online. Aplikasi yang digunakan masih tetap Whatsauto.

    Caranya yaitu:
    • Siapkan rapot yang akan dibagikan, bisa di print dulu, kemudian di tandatangani, lalu di scan dan di upload ke google Drive. Bisa juga langsung di save as sebagai PDF di aplikasi rapotnya. Yang terpenting ada file PDF yang diuplod, karena kita akan mengirimkan link drivenya ke siswa melalui WA.
    • jika sudah siap, bisa masuk ke Google Drive, kemudian bisa buat folder baru, misalnya kita kasi nama RAPOT WA.
    • Kemudian Upload file PDF rapot ke Google Drive, dengan cara pilih file yang mau diuplod, kemudian klik seret ke dalam folder drive, lepaskan maka file akan langsung terupload. atau dapat klik baru, upload file, cari file yang akan diupload, pilih file dan open. Maka file akan terupload.
    • Jika sudah terupload, agar file dapat diakses langsung oleh siswa, maka dapat mengubah settingannya, dengan cara klik kanan pada folder, kemudian klik bagikan, teruk klik ubah ke siapa saja yang memiliki link.

    • Kemudian, kita akan membuat spreadshet baru, yang akan disinkronkan dengan WhatsAuto. Caranya klik Baru, kemudian pilih Google Spreadsheet. Kasi nama RAPOR WA misalnya. kita cukup menggunakan 2 kolom. Kolom pertama sebagai kode dan kolom kedua sebagai balasan otomatis. Perhatikan contoh!
    • Ketika siswa mengetikan RAPOR (Kolom A) ke no WA kita, maka akan muncul jawaban otomatis apda Kolom B. 
    • Cara settingnya masuk ke aplikasi Whatsauto. Untuk caranya bisa dibaca disini.
    Demikianlah cara untuk membagikan Rapor Online dengan Whatsauto. Sahabat juga dapat menonton video tentang Cara Membuat Formulir PPDB Online dengan Google Formulir Lengkap Lembar Konfirmasi berikut.

    Bila bermanfaat, mari bersama-sama bagikan artikel ini kepada semua sahabat kita. Terima kasih.
    I Wayan Ardika
    I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru Sekolah Dasar yang bertugas di Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

    Post a Comment for "Cara Membagikan Rapor Online dengan Whatsauto"