Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Diseminasi Menumbuhkan Kebiasaan Membaca Menggunakan Strategi Membaca yang Menyenangkan dalam Program Ekosistem Sekolah Literat

    Kegiatan Diseminasi Menumbuhkan Kebiasaan Membaca  Menggunakan Strategi Membaca yang Menyenangkan dalam Program Ekosistem Sekolah Literat dilaksanakan mulai tanggal  1 s/d 7 Oktober 2020. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Pelatihan Master Trainer Literasi yang diselenggaran oleh Putra Sampoerna Foundation dan Room to Read yang didukung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

    Diseminasi sekolah literat

    Pembukaan

    Acara Diseminasi dibuka oleh Kadis Dikpora Kabupaten Jembrana yang diwakili oleh Bapak Kabid Dikdas Dikpora Kabupaten Jembrana, Bapak I Nyoman Wenten, S. Pd.,M.Pd. Acara juga dihadiri oleh Head of Program PSF-SDO, Ibu Juliana yang turut memberikan sambutan.

    Setelah pembukaan, dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Relawan, I Wayan Ardika, S.Pd.

    Materi 1: Hakikat Literasi Membaca & Kebiasaan Membaca

    Materi 2: Mengenal Bahan Bacaan Tambahan Anak

    Materi 3: Jelajah Literacy Cloud


    Materi 4: Ragam Kegiatan Membaca yang menyenangkan 


    Materi 5: Menumbuhkan Kebiasaan Membaca di Rumah


    Sahabat juga dapat membaca materinya pada PowerPoint berikut:

    Dalam diseminasi ini, seluruh peserta wajib mengisi:
    1. Pretest
    2. Postest
    3. Absen setiap pertemuan IN
    4. Survey kegiatan
    5. Tugas berupa Video membaca nyaring cerita yang ada di Literacy Cloud.
    Adapun penjelasan tugas sebagai berikut:
    1. Karena sedang masa pandemi, jadi sulit membuat video membaca nyaring secara tatap muka dengan siswa, maka video dapat dibuat dengan teknik merekam layar.
    2. Usahakan menggunakan aplikasi yang dapat memunculkan wajah peserta, sehingga ekspresi dan gerakan saat membaca cerita dapat dilihat oleh siswa.
    3. Tugas dikumpul paling lambat tanggal 7 Oktober 2020
    Untuk aplikasi perekam layar yang dapat digunakan, bisa dibaca disini.

    Bagi para peserta dapat mengunduh sertifikat kegiatan disini.

    Pada kesempatan ini, saya mengucapkan terima kasih terhadap seluruh peserta yang telah berperan aktif dalam webinar. Tak lupa juga saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut mendukung, sehingga kegiatan ini berjalan lancar.  Salam Literasi.
    I Wayan Ardika
    I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru Sekolah Dasar yang bertugas di Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

    Post a Comment for "Diseminasi Menumbuhkan Kebiasaan Membaca Menggunakan Strategi Membaca yang Menyenangkan dalam Program Ekosistem Sekolah Literat"