Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Koneksi Antar Materi Modul 1.2 Nilai-Nilai dan Peran Guru Penggerak

    Koneksi Antar Materi Modul 1.2 Nilai-Nilai dan Peran Guru Penggerak

    Apa yang Anda Pahami Mengenai Nilai dan Peran Guru Penggerak?

    Nilai-Nilai Guru Penggerak

    Mandiri: Guru dapat memunculkan motivasi dalam dirinya sendiri untuk membuat perubahan baik untuk lingkungan sekitarnya ataupun pada dirinya sendiri. 

    Reflektif: Membuka diri terhadap pengalaman yang baru dilaluinya, kemudian melakukan evaluasi terhadap hal yang sudah baik, serta hal yang perlu dikembangkan.

    Kolaboratif: Membangun rasa kepercayaan dan rasa hormat antara dirinya dengan lingkungan sekitarnya, serta mengakui dan mengelola perbedaan peran dari masing-masing pemangku kepentingan sekolah dalam mencapai tujuan bersama

    Inovatif: Guru dapat selalu memunculkan gagasan-gagasan baru dan tepat guna terkait situasi ataupun permasalahan tertentu

    Berpihak pada Murid: Selalu bergerak dengan mengutamakan kepentingan perkembangan murid sebagai acuan utama.

    Peran Guru Penggerak

    Menjadi Pemimpin dalam Pembelajaran: Guru dapat berperan sebagai pemimpin yang berorientasi pada siswa, dengan memperhatikan segenap aspek pembelajaran yang mendukung tumbuh-kembang siswa.

    Menggerakkan Komunitas Praktisi: Berpartisipasi aktif dalam membuat komunitas belajar bagi para rekan guru, baik di sekolah maupun di wilayahnya.

    Menjadi Coach bagi Guru Lain: Mampu mendeteksi aspek-aspek yang dapat ditingkatkan dari rekan sejawatnya, mampu merefleksikan hasil pengalamannya sendiri serta guru lain untuk dijadikan poin peningkatan untuk pembelajaran, dan dapat memantau perkembangan dari rekan guru lain tersebut.

    Mendorong Kolaborasi Antar Guru: Membuka ruang diskusi positif dan kolaborasi antara guru dan pemangku kepentingan di dalam dan di luar sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

    Mewujudkan Kepemimpinan Murid: Membantu para siswa untuk mandiri dalam belajar, mampu memunculkan motivasi siswa untuk belajar, dan mendidik karakter siswa di sekolah.

    Apakah ada keterkaitan antara nilai dan peran Guru Penggerak dengan Filosofi Ki Hadjar Dewantara?

    Nilai dan Peran Guru Penggerak mempunyai banyak keterkaitan dengan Filosofi Ki Hadjar Dewantara, salah satunya, yaitu tujuan pendidikan yang disampaikan oleh beliau, "Menuntun segala kodrat yang ada pada anak agar mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya". Hal ini terkait dengan nilai "Berpihak pada Murid" dan Peran "Menjadi Pemimpin Pembelajaran".

    Apa strategi yang bisa Anda lakukan untuk mencapai nilai tersebut?

    • Merancang RPP yang berorientasi pada murid
    • Menggali potensi murid berdasarkan minat dan bakatnya
    • Menjadi guru yang reflektif
    • Mengikuti berbagai pelatihan
    • Menerima berbagai masukkan yang membangun
    • Saling berbagi pengalaman dengan teman sejawat

    Siapa saja pihak yang dapat membantu Anda dalam mencapai gambaran diri Anda di demonstrasi kontekstual tersebut? Seperti apa perannya?

    • Kepala Sekolah Memberikan dukungan dan motivasi
    • Pendamping Praktik Memberikan bimbingandan motivasi
    • Fasilitator Memberikan Umpan Balik, Motivas, dan Menuntun
    • Rekan-Rekan CGP Memberikan Inspirasi dan masukkan
    Sumber: Modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak
    I Wayan Ardika
    I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru Sekolah Dasar yang bertugas di Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

    Post a Comment for "Koneksi Antar Materi Modul 1.2 Nilai-Nilai dan Peran Guru Penggerak"