Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rancangan Aksi Nyata Budaya Positif

    Judul Aksi Nyata

    Budaya Positif  (Penerapan Keyakinan Kelas untuk Meningkatkan Disiplin Siswa Kelas 2 SDN 3 Baluk)

    Latar Belakang

    Guru hendaknya mampu menyediakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan menyenangkan bagi murid. Lingkungan belajar yang positif akan membantu murid untuk lebih mudah dalam mengembangkan segala potensi yang dimilikinya. 

    Namun kenyataannya, berdasarkan hasil observasi terhadap siswa kelas 2 Tahun Pelajaran 2021/2021 SDN 3 Baluk, masih ditemukan murid yang merasa belum aman dan nyaman dalam belajar. Hal ini karena ada murid yang masih suka mengganggu temannya ketika belajar, ada murid yang bermain ketika belajar, ada murid yang ribut ketika guru menjelaskan atau ketika temannya presentasi di depan kelas, dan ada juga murid yang berkata kotor kepada temannya. Semua itu tentu akan menciptakan lingkungan belajar yang kurang kondusif.

    Permasalahan di atas disebabkan karena murid terlalu lama belajar di rumah, sehingga kurang mendapat tuntunan dari guru. Walaupun pembelajaran tetap berlangsung secara jarak jauh, tentu guru mempunyai keterbatasan dalam menuntun murid di rumah. Disinilah peran guru menjadi sangat penting dalam menuntun dan mendidik murid.

    Untuk mengatasi permasalahan di atas, maka akan diterapkan Keyakinan Kelas untuk meningkatkan disiplin siswa kelas 2 SDN 3 Baluk.

    Tujuan

    Adapun tujuan penerapan aksi nyata ini adalah untuk meningkatkan disiplin murid melalui penerapan Keyakinan Kelas, sehingga terwujud budaya positif.

    Tolak Ukur

    Adapun tolok ukur keberhasilan aksi nyata ini, yaitu:
    • Adanya Keyakinan Kelas yang telah dibuat  dan ditandatangani oleh murid bersama guru
    • Adanya peningkatan disiplin murid setelah penerapan keyakinan kelas.

    Linimasi Tindakan yang akan dilakukan

    Dukungan yang dibutuhkan

    • Kepala Sekolah: Memberikan motivasi dan dukungan dalam melaksanakan aksi nyata
    • Rekan Guru dan Staf: Ikut menumbuhkan budaya positif di lingkungan sekolah
    • Murid Kelas 2: Berperan aktif dalam pelaksanaan aksi nyata
    I Wayan Ardika
    I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru Sekolah Dasar yang bertugas di Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

    Post a Comment for "Rancangan Aksi Nyata Budaya Positif"