Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Tips Agar Rekening Bank tidak Dibobol

    ardikabelajar.com. Dewasa ini sering kali terjadi pembobolan rekening tabungan. Banyak modul yang digunakan pelaku agar berhasil membobol rekening korbannya. Salah satunya dengan memanfaatkan kelalaian korban. 

    Baca Juga Artikel Pentingnya Menanamkan Konsep Menabung yang Benar kepada Anak Sejak Dini

    Agar tidak menjadi korban pembobolan rekening, maka kita perlu waspada untuk menjaga data-data pribadi kita. Dilansir dari Koran Nusa Bali (28 Januari 2023), Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan 6 tips menjaga rekening agar tetap aman, yaitu:

    1. Aktifkan Notifikasi SMS Transaksi

    Notifikasi SMS, penting untuk diaktifkan agar mendapatkan pemberitahuan SMS ke nomor terdaftar jika ada transaksi keluar maupun masuk.

    2. Cek Saldo Berkala

    Cek saldo secara berkala dapat dilakukan dengan datang langsung ke bank, melalui internet banking, dan aplikasi mobile bangking.

    3. Aktifkan Verifikasi 2 Langkah

    Verifikasi 2 langkah penting dilakukan, utama pada aplikasi Mobile bangking maupun internet banking kita.

    4. Jangan Pakai WIFI Publik

    Ketika melakukan transaksi perbankan, lebih baik menggunakan jaringan internet pribadi, dibandingkan dengan menggunakan WIFI Publik atau Free WIFI.

    5. Jaga Data Pribadi

    Jangan pernah memberikan User ID, password, kode OTP, PIN rekening, atau nama ibu kandung kepada siapapun (termasuk kepada pihak Bank). Kita juga harus rutin mengganti kata sandi, tapi jangan sampai lupa juga ya! hehehe

    6. Hati-Hati saat Menggunakan ATM

    Saat bertransaksi di mesin ATM, pastikan tidak ada benda yang mencurigakan menempel di mesin ATM untuk menghindari Skimming. Jika mengalami kendala dalam menggunakan Kartu ATM, segera datang ke kantor Bank terdekat. Hati-hati saat ada orang di sekitar ATM yang menawarkan bantuan  ketika mengalami kendala di mesin ATM karena berisiko dapat mengetahui password atau dapat mengloning kartu ATM kita. 


    Selain 6 tips yang diberikan oleh OJK tersebut, kita juga perlu waspada terhadap berbagai modus yang sering dilakukan penipu, salah satunya melalui pesan whatsapp. Saya baru saja memperoleh email dari bank BRI terkait dengan modus penipuan ini.
    modul penipuan melalui WA


    Demikian 6 tips agar rekening bank kita tidak dibobol oleh orang lain, semoga bermanfaat dan tetap waspada karena kejahatan bukan terjadi karena niat pelakunya saja, tetapi juga karena ada kesempatan.
    I Wayan Ardika
    I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru Sekolah Dasar yang bertugas di Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

    Post a Comment for "6 Tips Agar Rekening Bank tidak Dibobol"