Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Formulir PPDB Online dengan Bantuan Google Tools

    Peneriman Peserta Didik Baru (PPDB) 2020/2021 segera dimulai. Setiap sekolah diharapkan bersiap untuk melaksanakan PPDB secara daring ditengah pandemi yang sedang melanda. Untuk itu, sekolah dapat merancang PPDB online secara mandiri. Salah satu caranya adalah dengan cara membuat Formulir PPDB Online dengan menggunakan bantuan Google Tools, seperti Google Formulir, Google Sreadsheet, Google Dokumen. Jika ingin mengumumkan hasil PPDB online, jika belum mempunyai website/blog sekolah, dapat menggunakan Whatsauto.

    Kali ini kita akan belajar, cara membuat formulir PPDB secara daring, dengan menggunakan Google Formulir, cara mengirimkan link kepada calon siswa, cara mengolah data siswa, cara membuat lembar konfirmasi pendaftaran, termasuk cara untuk mengumumkan siswa yang diterima.

    Adapun yang perlu disiapkan, yaitu:
    1. Formulir Peserta Didik yang ada di Dapodikdasmen (unduh). Sebaiknya formulir ini dicetak dulu, sehingga mudah membuat formulir onlinenya.
    2. Siapkan Draf Lembar Konfirmasi Pendaftaran dan Surat Pernyataan Orang Tua calon peserta didik (unduh Contoh)
    3. Rumus yang akan digunakan pada Spreadsheet (unduh)
    4. Format Header yang bisa di edit (unduh)
    5. Akun Gmail, saya yakin sudah semua punya.
    Fila 1 dan 2 akan digunakan dalam kegiatan In, jadi harus unduh dan simpan di laptopnya ya. Sebagai gambaran kegiatan besok, bapak/ibu dapat menonton video berikut!



    Atau bapak/ibu juga dapat membaca atau mengunduh versi Pdf berikut!


    (Unduh)

    Contoh Deskripsi Awal

    Selamat datang di Pendaftaran Calon Peserta Didik Baru (PPDB) Daring SDN Coba. Sebelum mulai mendaftar pastikan Anak Bapak/Ibu sudah menenuhi Syarat-syarat berikut:
    1. Berusia 7 (tujuh) tahun sampai dengan 12 (dua belas) tahun;
    2. Berusia paling rendah 6 (enam) tahun pada tanggal 1 Juli 2020;
    3. Berusia paling rendah 5 (lima) tahun 6 (enam) bulan pada tanggal 1 Juli 2020, khusus untuk Calon Peserta Didik yang mempunyai potensi kecerdasan dan/atau bakat istimewa dan kesiapan psikis yang dibuktikan dengan rekomendasi tertulis dari psikolog profesional/ dewan guru Sekolah.

    Persiapkan dokumen-dokumen berikut:
    1. Kartu Keluarga (siapkan scan/foto)
    2. Akte Kelahiran Anak (siapkan scan/foto)

    Jika Calon Peserta Didik telah memenuhi syarat di atas, maka dapat melanjutkan pendaftaran dengan memilih 3 jalur, yaitu Jalur Zonasi (Paling sedikit 50%), Jalur Afirmasi (paling sedikit 15%), Jalur perpindahan orang tua Maksimal 5%.

    Jika ada pertanyaan dapat menghubungi kami di No ....

    Klik berikutnya untuk melanjutkan mendaftar.

    Semoga bermanfaat. Terima kasih.
    I Wayan Ardika
    I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru Sekolah Dasar yang bertugas di Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

    Post a Comment for "Cara Membuat Formulir PPDB Online dengan Bantuan Google Tools"