Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CONTOH AKSI NYATA PELATIHAN MANDIRI TOPIK MERDEKA BELAJAR

    Topik Pelatihan Mandiri PMM

    Topik pelatihan Mandiri di Platform Merdeka Mengajar (PMM) terus bertambah seiring dengan perkembangan dan kebutuhan guru untuk terus belajar.

    Topik Pelatihan Merdeka Belajar

    Topik Pelatihan Kurikulum Merdeka membahas tentang:

    • Pemahaman gagasan dan prinsip pendidikan berdasarkan pemikiran KHD
    • Pemahaman untuk memfasilitasi murid agar tumbuh sesuai dengan kodratnya.
    • Penerapan pembelajaran yang memerdekakan murid

    Modul Pelatihan Merdeka Belajar

    Topik pelatihan kurikulum merdeka terdiri dari 5 modul, yaitu:
    1. Mengenali dan Memahami Diri Sebagai Pendidik
    2. Mendidik dan Mengajar
    3. Mendampingi Murid dengan Utuh dan Menyeluruh
    4. Mendidik dan Melatih Kecerdasan Budi Pekerti
    5. Pendidikan yang Mengantarkan Keselamatan dan Kebahagiaan

    Cara Mempelajari Topik Pelatihan Merdeka Belajar

    • Tonton video di setiap modul secara berurut dari modul 1. Catat hal-hal yang dianggap penting agar dapat dipelajari lagi, sehingga dapat menjawab soal pemahaman dan post test dengan tepat. Disamping itu, dengan mencatat materi juga dapat mempermudah dalam membuat aksi nyata.
    • Setelah menonton video, kita wajib menjawab soal pemahaman. Pada soal ini, hanya berfungsi untuk mengkonfirmasi pemahaman kita terhadap materi. Jika salah, maka akan muncul jawabannya dan kita tidak perlu mengulang lagi.
    • Mengisi cerita refleksi berdasarkan pertanyaan yang diberikan. Jadi refleksikan diri kita berdasarkan pertanyaan pemantik yang ada.
    • Setelah semua video ditonton, soal pemahaman terjawab, dan cerita refleksi terisi, maka soal post test akan terbuka. Setelah terbuka, kita dapat mengerjakan post test. Jika gagal, post test dapat dijawab kembali hingga benar. Ketika gagal, maka akan ditunjukkan soal yang salah, sehingga bisa mengulang kembali video materi terkait ataupun langsung menjawab ulang.
    • Setelah semua post test di setiap modul berhasil terjawab, maka aksi nyata akan terbuka untuk dipilih.
    • Setelah memilih aksi nyata yang sekiranya paling mudah untuk dilakukan, baca rincian aksi nyata dengan seksama dan ikuti langkah-langkah sesuai petunjuk. Lengkapi semua dokumen yang diminta, misalnya bahan presentasi, foto kegiatan aksi nyata, dan umpan balik dari rekan sejawat/siswa.

    Aksi Nyata Topik Pelatihan Merdeka Belajar

    Aksi nyata kurikulum merdeka ada 2 pilihan, yaitu:
    pilihan aksi nyata merdeka belajar

    Contoh Aksi Nyata Menyebarkan pemahaman Merdeka Belajar 

    Aksi nyata ini dapat dilakukan oleh Guru dan Kepala Sekolah. Jika memilih aksi nyata ini, maka dapat melakukan hal-hal berikut:
    1. Pastikan Anda memahami tujuan pembelajaran topik Merdeka Belajar.
    2. Komunikasikan pemahaman tentang topik Merdeka Belajar kepada audiens sasaran (murid/teman sejawat/orang tua/komunitas/lainnya)
    3. Pemahaman boleh disampaikan melalui media (presentasi/video/poster/booklet/lagu/puisi/dll) untuk audiens sasaran. Bisa luring (forum diskusi guru seperti KKG sekolah, MGMP, dll) maupun daring melalui media sosial.
    4. Buatlah form umpan balik untuk disebarkan pada audiens, dan lampirkan dokumentasikan bukti formulirnya
    5. Minta audiens Anda melanjutkan kalimat ini: Dari paparan yang disampaikan, sebelumnya saya pikir .............., ternyata ................. Langkah kecil yang akan saya lakukan setelah ini adalah ................
    6. Unggah bukti (dapat berupa dokumentasi kegiatan/paparan/media publikasi), hasil pengisian form feedback (dari poin 4), dan rangkuman refleksi Anda (dari poin 5).




    Membuat Strategi Penerapan Merdeka Belajar

    Aksi nyata ini hanya dapat dilakukan oleh Guru dan kepala sekolah. Jika memilih aksi nyata ini, maka dapat melakukan hal-hal berikut:
    1. Pastikan Anda memahami tujuan pembelajaran topik Merdeka Belajar.
    2. Buatlah strategi penerapan Merdeka Belajar sesuai dengan pemahaman Anda
    3. Koneksikan/hubungkan konsep Merdeka Belajar yang Anda pahami dengan konsep, materi dan pengalaman lain Anda selama ini.
    4. Komunikasikan strategi Anda dalam bentuk visual (bisa berupa cerita bergambar/video/audio/infografis/karikatur/bentuk lain) yang menurut Anda menarik dan menjelaskan
    5. Buatlah form untuk mendapat umpan balik dari rekan Anda, dan lampirkan dokumentasikan bukti formulirnya (jumlah umpan balik minimal 5)
    6. Minta audiens Anda menjawab pertanyaan ini: 1) Bagaimana strategi yang disampaikan sesuai dengan tujuan merdeka belajar? 2) Bagaimana strategi bisa diterapkan? 3) Bagaimana kesesuaian strategi dengan target audiens?
    7. Tuliskan refleksi prosesnya: hal apa yang Anda pelajari dari proses berbagi pemahaman mengenai topik Merdeka Belajar, bagian mana yang mengubah Anda, dan apa langkah konkrit Anda selanjutnya
    8. Unggah bukti (dapat berupa dokumentasi kegiatan/paparan/media publikasi), hasil pengisian form feedback (dari poin 5), dan rangkuman refleksi Anda (dari poin 6)

    Tips Agar Aksi Nyata diterima dan memperoleh Sertifikat

    1. Pilih aksi nyata yang menurut anda paling mudah untuk dilakukan.
    2. Ikuti langkah-langkah yang telah ditulis pada deskripsi aksi nyata
    3. Lengkapi dengan dokumentasi kegiatan, dan umpan balik dari peserta yang terlibat dalam aksi nyata sesuai permintaan.
    4. Jika membuat aksi nyata bersama-sama dengan guru lain, buat refleksi/deskripsinya masing-masing sesuai dengan peran dan pengalaman yang didapatkan saat melakukan aksi nyata (diisi saat mengunggah aksi nyata)
    5. Perhatikan file dan ukuran yang diminta agar sesuai
    6. Jika ditolak atau diminta revisi, baca saran perbaikan. Cek kembali aksi nyata yang telah dibuat, jika memang kurang segera perbaiki sesuai saran, namun jika memang sudah benar dapat mengajukan banding.

    Demikian yang Ardika Belajar dapat bagikan tentang Contoh Aksi Nyata Merdeka Belajar. Semoga bermanfaat dan dapat membantu sahabar dalam membuat aksi nyata topik merdeka Belajar.

    Contoh Aksi Nyata Topik Lainnya, cek disini: https://s.id/aksinyataardika
    I Wayan Ardika
    I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru Sekolah Dasar yang bertugas di Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

    Post a Comment for "CONTOH AKSI NYATA PELATIHAN MANDIRI TOPIK MERDEKA BELAJAR"