Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CONTOH AKSI NYATA PELATIHAN MANDIRI TOPIK KURIKULUM MERDEKA

    Topik Pelatihan Mandiri PMM

    Topik pelatihan Mandiri di Platform Merdeka Mengajar (PMM) terus bertambah seiring dengan perkembangan dan kebutuhan guru untuk terus belajar.

    Topik Pelatihan Kurikulum Merdeka

    Topik Pelatihan Kurikulum Merdeka membahas tentang:

    • Pemahaman Kurikulum dan Pembelajaran
    • Murid sebagai Pusat Pengembangan Kurikulum
    • Pembelajaran Berdasarkan Prinsip Pembelajaran Paradigma Baru
    • Struktur Pembelajaran mendorong murid merdeka belajar

    Modul Pelatihan Kurikulum Merdeka

    Topik pelatihan kurikulum merdeka terdiri dari 2 modul, yaitu:
    1. Makna Kurikulum dalam Pendidikan
    2. Pembelajaran Versi Kurikulum Merdeka

    Cara Mempelajari Topik Pelatihan Kurikulum Merdeka

    • Tonton video di setiap modul secara berurut dari modul 1. Catat hal-hal yang dianggap penting agar dapat dipelajari lagi, sehingga dapat menjawab soal pemahaman dan post test dengan tepat. Disamping itu, dengan mencatat materi juga dapat mempermudah dalam membuat aksi nyata.
    • Setelah menonton video, kita wajib menjawab soal pemahaman. Pada soal ini, hanya berfungsi untuk mengkonfirmasi pemahaman kita terhadap materi. Jika salah, maka akan muncul jawabannya dan kita tidak perlu mengulang lagi.
    • Mengisi cerita refleksi berdasarkan pertanyaan yang diberikan. Jadi refleksikan diri kita berdasarkan pertanyaan pemantik yang ada.
    • Setelah semua video ditonton, soal pemahaman terjawab, dan cerita refleksi terisi, maka soal post test akan terbuka. Setelah terbuka, kita dapat mengerjakan post test. Jika gagal, post test dapat dijawab kembali hingga benar. Ketika gagal, maka akan ditunjukkan soal yang salah, sehingga bisa mengulang kembali video materi terkait ataupun langsung menjawab ulang.
    • Setelah semua post test di setiap modul berhasil terjawab, maka aksi nyata akan terbuka untuk dipilih.
    • Setelah memilih aksi nyata yang sekiranya paling mudah untuk dilakukan, baca rincian aksi nyata dengan seksama dan ikuti langkah-langkah sesuai petunjuk. Lengkapi semua dokumen yang diminta, misalnya bahan presentasi, foto kegiatan aksi nyata, dan umpan balik dari rekan sejawat/siswa.

    Aksi Nyata Topik Pelatihan Kurikulum Merdeka

    Aksi nyata kurikulum merdeka ada 3 pilihan, yaitu:
    aksi nyata kurikulum merdeka

    Contoh Aksi Nyata Menyebarkan pemahaman "Mengapa kurikulum perlu berubah?" 

    Aksi nyata ini dapat dilakukan oleh Guru dan Kepala Sekolah. Jika memilih aksi nyata ini, maka dapat melakukan hal-hal berikut:
    1. Rancanglah rencana penyebaran pemahaman "Mengapa Kurikulum perlu Berubah?" kepada sasaran yang menurut Anda perlu memahami konsep ini. Bisa kepada Rekan guru/orang tua/murid kita. 
    2. Komunikasikan pemahaman Anda tentang kurikulum dan "Mengapa Kurikulum perlu Berubah?" kepada sasaran yang telah ditentukan.
    3. Pemahaman boleh disampaikan melalui ragam media (presentasi/video/poster/booklet/lagu/puisi/dll) dengan cara yang efektif untuk sasaran. Kegiatan dapat dilakukan dalam bentuk luring maupun daring melalui media yang sesuai. Secara luring dapat dilakukan bersama rekan guru di sekolah, Rekan KKG/MGMP/KKKS/MKKS/ komunitas belajar lainnya. Secara daring dapat menggunakan Facebook, Youtube, WA Grup, Zoom, Google Meet dan sejenisnya.
    4. Mintalah refleksi/umpan balik dari sasaran Anda dengan menggunakan cara sendiri atau metode yang tersedia di Perpustakaan Belajar.
    5. Unggah bukti dalam 1 dokumen PDF yang berisi: Dokumentasi kegiatan yang dapat berupa dokumentasi kegiatan/paparan/media publikasi (Poin 2-3) dan hasil refleksi dan umpan balik peserta (poin 4)
    (Contoh ini dapat disempurnakan dengan menambahkan foto dokumentasi saat menyebarkan pemahaman)


    Contoh Video Aksi Nyata Menggunakan Media Youtube



    Membuat strategi penerapan kurikulum merdeka di kelas

    Aksi nyata ini hanya dapat dilakukan oleh Guru. Jika memilih aksi nyata ini, maka dapat melakukan hal-hal berikut:
    1. Buatlah strategi penerapan Kurikulum Merdeka sesuai dengan pemahaman Anda misalnya, membuat modul ajar (RPP Plus)/ membuat kesepakatan atau keyakinan kelas/melakukan asesmen diagnostik, dsb. Silahkan melibatkan aktor/pemangku kepentingan untuk membantu pelaksanaannya.
    2. Praktikkan rancangan strategi Anda di kelas
    3. Mintalah umpan balik/refleksi dari murid secara tertulis (untuk jenjang PAUD dan SD Fase A bisa secara lisan) dengan menggunakan cara sendiri atau metode yang tersedia di Perpustakaan Belajar.
    4. Unggah dokumen berisi Dokumentasi (poin 1 dan 2) dapat berupa dokumentasi kegiatan/paparan/media publikasi dan dokumentasi hasil refleksi/umpan balik dari murid (poin 3)

    Membuat Diskusi Kelompok Terarah (FGD) terkait Kurikulum Merdeka

    Aksi nyata ini dapat dilakukan oleh Guru dan Kepala Sekolah. Jika memilih aksi nyata ini, maka dapat melakukan hal-hal berikut:
    1. Buatlah kegiatan Diskusi Kelompok Terarah (FGD) mengenai pemahaman kurikulum merdeka yang mencakup struktur kurikulum, asesmen, dan pembelajaran berdiferensiasi di satuan pendidikan Anda.
    2. Gunakan metode 6 Topi Berpikir untuk memandu diskusi.
    3. Libatkan para guru dan staf di satuan pendidikan dalam kegiatan ini.
    4. Unggah bukti dalam 1 dokumen yang berisi dokumentasi kegiatan (poin 1) dapat berupa dokumentasi kegiatan/paparan/media publikasi dan hasil refleksi/umpan balik dari audiens Anda (dapat berupa dokumentasi isi dari 6 Topi Berpikir (poin 2), atau umpan balik/refleksi lain)

    Tips Agar Aksi Nyata diterima dan memperoleh Sertifikat

    1. Pilih aksi nyata yang menurut anda paling mudah untuk dilakukan.
    2. Ikuti langkah-langkah yang telah ditulis pada deskripsi aksi nyata
    3. Lengkapi dengan dokumentasi kegiatan, dan umpan balik dari peserta yang terlibat dalam aksi nyata (Pada aksi nyata topik kurikulum merdeka tidak ditentukan jumlahnya, biasanya minimal 3-5 umpan balik)
    4. Jika membuat aksi nyata bersama-sama dengan guru lain, buat refleksi/deskripsinya masing-masing sesuai dengan peran dan pengalaman yang didapatkan saat melakukan aksi nyata (diisi saat mengunggah aksi nyata)
    5. Perhatikan file dan ukuran yang diminta agar sesuai
    6. Jika ditolak atau diminta revisi, baca saran perbaikan. Cek kembali aksi nyata yang telah dibuat, jika memang kurang segera perbaiki sesuai saran, namun jika memang sudah benar dapat mengajukan banding.
    Contoh Sertifikat Topik Kurikulum Merdeka


    Demikian yang Ardika Belajar dapat bagikan tentang Contoh Aksi Nyata Kurikulum Merdeka. Semoga bermanfaat dan dapat membantu sahabar dalam membuat aksi nyata topik kurikulum merdeka.

    Contoh Aksi Nyata Topik Lainnya, cek disini: https://s.id/aksinyataardika
    I Wayan Ardika
    I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru Sekolah Dasar yang bertugas di Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

    Post a Comment for "CONTOH AKSI NYATA PELATIHAN MANDIRI TOPIK KURIKULUM MERDEKA"