Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Cek Akun Belajar.id Secara Mandiri

    Halo sahabat, kali ini ardikabelajar.com mau berbagi tentang cara mengecek akun belajar secara mandiri. Akun belajar dapat dicek secara mandiri di web belajar.id. Jika sahabat adalah pendidikan dan/atau tenaga kependidikan yang sudah terdaftar di Dapodik, maka kemungkinan data akun belajar telah tersedia. Jika belum, maka sahabat dapat mengecek kembali kelengkapan datanya di Dapodik. Jika merasa sudah lengkap, maka dapat dapat mengajukan akun di menu Butuh Bantuan di web belajar.id dengan mengunggah surat permohonan dari kepala sekolah dan SK Pengangkatan sebagai pendidik atau tenaga kependidikan.

    Baca Juga: Panduan Akun Belajar.id

    Untuk mengecek akun belajar secara mandiri, sahabat dapat mengikuti langkah-langkah berikut!

    akun belajar
    • Pilih Tipe Penguna pada menu Cari Status Akun Belajar.id Anda di bawah.

    • Kemudian Klik Cari Akun belajar.id.

    • Masukkan NPSN. Jika lupa klik menu lupa NPSN, kemudian cari NPSN dengan memasukan nama sekolah atau mencari di menu referensi NPSN.
    • Jika sudah menginput NPSN, klik selanjutnya.

    • Input nama lengkap dan tanggal lahir sesuai Dapodik
    • Jika sudah, klik selanjutnya.

    • Jika data yang dimasukkan sudah benar dan akun sudah tersedia, maka status akan muncul seperti pada gambar di atas.
    • Jika status akun belum aktif, maka dapat diaktivasi dengan mengklik menu aktifkan akun di bagian bawah. Pasword akan dikirim ke email atau no. HP yang terdaftar di Dapodik (pastikan masih aktif). Jika sudah tidak sesuai, maka data dapat diupdate di dapodik.
    • Jika akun belum tersedia dan sudah lama masuk dapodik, pastikan data yang diinput sudah benar dan sesuai dapodik, terutama nama dan tanggal lahirnya. 
    • Jika data yang diinput dirasa sudah benar, tetapi akun belum tersedia, segera koordinasi dengan operator sekolah agar di cek di portal admin. Jika memang akun belum tersedia dan sudah lama masuk dapodik, dapat mengajukan akun di menu Butuh Bantuan web belajar.id.

    Demikian yang dapat Ardika Belajar bagikan tentang cara cek akun belajar secara mandiri. Jika ada kendala dapat menghubungi operator sekolah atau Co-Kapten Belajar.id di masing-masing Kabupaten.
    I Wayan Ardika
    I Wayan Ardika Saya adalah Seorang Guru Sekolah Dasar yang bertugas di Kab. Jembrana, Bali. Melalui Blog ini, saya ingin terus belajar sambil berbagi.

    Post a Comment for "Cara Cek Akun Belajar.id Secara Mandiri"